Sunday, July 22, 2012

Kesendirian


Sering aku merutuki kesendirianku
yang makin terasa mencekam dalam malam

Namun kusadari, manusia terlahir sendiri
dan akan pergi dalam kesendirian juga

tidaklah hidup ini selain persinggahan, 
keramaian adalah kebetulan
ketika jalan masing-masing yang sendiri itu bersinggungan, 

kebersamaan adalah rahmat,
ketika jalan yang dituju searah,
dan waktu dan tempat (dan koneksi?) memungkinkan

pada akhirnya, dalam sunyi malam, kesendirian lagi lah yg menemaniku

Sudah sepatutnya lah sepi ini kujadikan kawan karib
agar sunyi yang sering terasa memekakkan telinga ini 
menjadi sesuatu yang menenangkan hati

karena pada sunyi, dapat aku mendengar suara hatiku
gaungnya memenuhi ragaku dan dapat kulihat jalanku

dan pada sunyi, dapat kubercakap jelas dengan Kawan sejatiku,
yang lebih dekat dari urat leherku
yang kutuju dalam jalan sendirku

maka meski iri aku setengah mati,
 pada mereka yang malam Ramadhannya begitu damai bersama orang-orang kesayangan
dan ramai dengan saudara-saudara seiman,
akan kusyukuri kesendirianku

wahai kesendirian,
Ramadhan ini, temanilah aku merayakan malam-malamku
meski tempat ini sepi dari adzan
ramaikanlah hatiku
sebagaimana ketika aku ruku' bersama orang-orang yang ruku'
meski dalam sendiriku

No comments: