Wednesday, December 15, 2010

oh... wow...

Alkisah, ketika saya sedang iseng-iseng browsing mencari suatu menu masakan di kantin kampus saya dulu, tertumbuklah saya pada suatu kisah di sebuah thread forum yang mengisahkan percakapan dua orang tokoh utamanya dengan latar belakang kantin kampus saya itu dengan menu masakan yang saya cari.

Kisah cerita itu sederhana, tentang dua orang sahabat, kawan lama (kekasih?) yang sedang makan siang bersama, membicarakan kebiasaan-kebiasaan mereka dan bagaimana mereka sedang dalam proses beranjak lebih dewasa bersama. Suatu mata kuliah jurusan almamater saya yang diambil salah satu tokoh ceritanya dibahas. Suasana kuliah yang penuh tekanan dan situasi kantin tersebut yang melatarbelakangi percakapan mereka membuat saya mampu membayangkan kantin kampus yang penuh nostalgia masa kuliah untuk saya juga itu.

Tetapi posting ini bukan tentang nostalgia masa kuliah saya.

Karena kemudian saya memperhatikan tajuk forum tersebut.

Kisah itu berada di webpage yang bertajuk forum gay indonesia :D

oh...
...wow...

Saya... tidak ingin membahas tentang homoseksualitas...

Hanya tiba-tiba teringat kawan lama saya dulu ketika saya memulai program master saya. Ia berasal dari Trinidad dan Tobago. Dan ia ketika itu, tahun 2005, membahas bagaimana di Amerika, survey menunjukkan satu di antara beberapa orang di sekitar kita kemungkinan adalah gay.

Saya ketika itu hanya tertawa menanggapinya. Dengan naif menepiskan kemungkinan yang diajukannya itu karena menurut saya itu adalah fakta tentang Amerika, negara yang antah berantah jauhnya dari segi kultural dibandingkan negaraku tercinta.

Akan tetapi kini penemuan tulisan tidak disangka-sangka tadi, mau tak mau telah membuat saya memikirkan kembali pendapat saya...
tiba-tiba hal yang saya kira adalah fenomena antah berantah menjadi terasa nyata, terjadi dekat dengan saya.

Mungkin saya harus bangun dari tidur saya dan membuka mata saya lebih lebar.
Dunia sudah berubah.

3 comments:

Ismail Habib said...

Salah satu teman kita namanya Gajay, biasa dipanggil Gay. There you go.

Rika The Lost Wanderer said...

hehehe di angkatan ku juga ada, awal-awal sempet shock tapi sekarang sudah biasa :D

lite said...

@habs
hahahaha, ck ck ck habzu, laporin ma Wulan loh =P

@rika
oh, gitu yah, rik? wow, jangan-jangan itu tulisan temen dikau xD
daku masih... fase shock kalo gitu sejauh ini ^^